Kurikulum pendidikan yang berciri khas Agama Islam di susun untuk mencapai tujuan pendidikan yang berciri khan Agama Islam. Kurikulum ini merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta yang di gunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar pada MI dan MTs. Serta MA.
Isi kurikulum pendidikan wajib memuat sekurang kurangnya bahan kajian dan pelajaran tentang pendidikan Pancasila, pendidikan agama, Penidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, membaca dan menulis, Matematika, pengantar Sains Dan Teknologi, Ilmu bumi, sejarah nasional dan sejarah Umum, kerajinan tangan dan kesenian, penjas dan kesehatan, menggambar serta Bhs. Inggris ( Pasal 39 Ayat 2 Dan 3 Undang – Undang 1989, Dan Pasal 14 ayat 2 Peraturan pemerintah No. 28 tahun 1990 ).
Seluruh mata pelajaran di atas buakn mata pelajaran melainkan sebutan yang mengacu pada pembentukan kepribadian dan unsur-unsur kemampuan yang di ajarkan dan di kembangkan melalui pendidikan dasar berciri Khas Agama Islam. Lebih dari satu unsur tersebut dapat di gabung dalam suatu mata pelajaran atau sebaliknya, satu unsur dapat di bagi menjadi lebih dari satu mata pelajaran ( Pasal 39 Ayat 3 penjelasan Atas Undang-Undang RI No. 2 th. 1989 ).
Adapun isi kurikulum pendidikan yang bercirikhas Agama Islam yang tertuam dalam mata pelajaran agama islam dengan uraian sebagai berikut.
1. 1. Pendidikan Pancasila dan kewarga negraan
2. Pendidikan Agama
a. Al-Qur’an Haidts
b. Aqidah Akhlah
c. Fiqih
d. Sejarah Kebudayaan Islam
e. Bhs. Arab
3. Bhs. Indonesia ( Termasuk membaca dan menulis )
4. Matematika ( Berhitung )
5. Ilmu Pengetahuan Alam ( Pengantar Sains Dan teknologi )
6. Ilmu Pengetahuan sosial ( Ilmu Bumi, Sejarah Nasional dan Umum )
7. Kerajinan Tangan Dan kesenian
8. PENJAS
9. Bhs. Inggris
10. Mulok ( Muatan Lokal )
Adapun program MA. Nurul Amal di samping mengacu kepada kurikulum departemen Agama RI. Juga mempunyai program pengajaran mengacu kapada Yayasan Nurul Amal itu sendiri sebagai mata pelajaran tambahan. Di antaranya :
1. Nahwu sorof ( Di harapkan mengenal kalimat dan memahami kitab kuning)
2. Praktik ibadah ( Diharapkan siswa mampu mempergerakan tata cara ibadah yang ada hubungannya dengan rukun islam dan kehidupan sehari-hari )
3. Ibadah Ghoer Makhdoh ( Sifatnya Umam )
Demikianlah pelaksanaan kurikulum yang berlaku di MA. Nurul Amal yang dapat penulis ketahui.
0 komentar:
Posting Komentar